GAMBAR 2 DIMENSI PROYEKSI ORTHOGONAL

Proyeksi orthogonal adalah proyeksi dua dimensi yang digunakan sebagai gambar kerja/gabar desain, karena proyeksi ini didapatkan dengan cara memproyeksikan setiap sisi benda/obyek gambar dari arah tegak lurus bidang yang diproyeksikan, sehingga menghasilkan bentuk dan ukuran yang sama persis dengan aslinya (tidak ada pemendekan ukuran dan perubahan bentuk).


Gambar 3.1

Pada gambar 1, terlihat bagaimana proyeksi orthogonal dibuat, yaitu dengan melihat bidang yang akandiproyeksikan dari arah tegak lurus, sehingga proyeksi yang dihasilkan akan sama persis dengan bidang yang diproyeksikan. Dengan cara demikian, maka setiap bidang yang terdapat pada benda/obyek yang digambar akan diproyeksikan, dan ditempatkan sesuai dengan posisinya pada benda. Dari cara penempatan proyeksi bidang ini maka terdapat dua metode yang berbeda, yaitu Metode Amerika dan Metode Eropa.

3.1 Proyeksi Orthogonal Metode Amerika

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa proyeksi orthogonal didapatkan dengan cara melihat semua bidang pada obyek dari arah tegak lurus. Perhatikan gambar 3.2 berikut;

Gambar 3.2


Dari gambar 3.2 terlihat bahwa untuk memperoleh setiap bagian/bidang proyeksi dilakukan dengan melihatnya dari semua arah, depan, kanan, kiri, atas, bawah, dan belakang. Proyeksi orthogonal metode amerika adalah sebagai berikut;
Benda/obyek yang di peyokeksikan seakan-akan diletakkan dalam sebuah kubus kaca. Dan kubus kaca ini akan menjadi bidang gambar yang berada disekeliling dari benda kerja. Perhatikan gambar 3.3, terlihat bahwa setiap bagian sisi benda diproyeksikan terhadap bidang kubus yang transparan. Pada proyeksi amerika, kubus transparan tersebut seakan-akan menjadi bidang gambar, yang apabila kubus tersebut dibuka setiap sisi-sisinya (ingat:
jaring-jaring kubus), maka setiap proyeksi akan berada pada tempatnya, lihat gambar 3.4. dan gambar 3.5.

Gambar 3.3 Proyeksi ortoghonal

Gambar 3.4 Metode amerika

Pada gambar 3.5 terlihat posisi semua proyeksi. Proyesi muka/depan disebut juga dengan proyeksi/tampang utama. Dan yang mencirikan proyeksi yang menggunakan metode ameika adalah apabila posisi dari setiap proyeksi tidak berubah, misalnya bahwa proyeksi/tampang sisi kanan akan tetap berada disebelah kanan dari tampang utama, proyeksi/tampang sisi sebelah kiri akan berada pada sebelah kiri dari tampang utama, proyeksi/tampang atas akan berada pada sebelah atas dari tampang/proyeksi utama, demikian pula proyeksi sisi yang bawah juga berada pada sebelah bawah dari tampang/proyeksi utama. Sedangkan sisi belakang, pada prinsipnya boleh diletakkan dimanapun (sebelah kanan tampang kanan atau sebelah kiri tampang kiri, atau sebelah bawah tampang bawah, atau sebelah atas tampang atas).
Untuk memudahkan mengingat, pada proyeksi orthogonal metode amerika, didapatkan dengan jalan “menarik” bagian sisi-sisi kubus kearah depan. (lihat gambar 3.4).

Gambar 3.5 Hasil proyeksi orthogonal dengan menggunakan metode amerika

Sebagai penjelasan tambahan, untuk sisi bidang yang mempunyai pentuk dan ukuran yang sama dengan sisi yang lainnya (baik sama persis, ataupun yang bentuk danukurannya sudah terwakili oleh sisi lain), boleh tidak digambar. Sehingga dalam kasus gambar 3.5, tersebut sisi atas (tampang atas) bentuknya sama persis dengan tampang bawah, akan tetapi tampang atas lebih informative, karena tidak ada garis “tidak tampaknya”(dash line), maka dalah hal ini tampang/proyeksi sisi bawah boleh tidak digambar, demikian pula tampang/proyeksi kiri dan kanan juga sama persis, dan proyeksi kiri terdapat garis “tidak tampak”, maka dadalam hal ini tampang kiri boleh tidak digambar, demikian pula dengan tampang belakang yang sama persis dengan tampang utama, maka tampang belakang juga tidak perlu digambar. Dengan demikian pada kasus gambar 3.5 tersebut proyeksinya cukup tiga saja, yaitu; tampang utama, tampang kanan dan tampang atas, lihat gambar 3.6.


Gambar 3.6 Proyeksi Amerika

3.2 Proyeksi Orthogonal Metode Eropa
Proyeksi Metode Eropa secara prinsip hamper sama dengan metode Amerika, yang membedakan hanya posisi dari proyeksinya. Hal ini dikarenakan pada metode Eropa posisi yang dihasilkan akan berkebalikan, yang dihasilka dari cara membuka “kubus transparan” yang digunakan untuk media proyeksi.

Perhatikan gambar 3.7 berikut;


Gambar 3.7 Metode Eropa

Pada gambar 3.7 kubus dibuka kearah belakang (didorong), sedang pada metode amerika kubus dibuka kearah depan (ditarik). Akibat dari cara memproyeksikan ini, maka hasil proyeksi dengan menggunakan metode Eropa hasilnya akan akan saling berlawanan, maksudnya adalah, proyeksi sebelah kiri akan berada pada sebalah kanan tampang utama, proyeksi kanan benda akan berada pada sebelah kiri tampang utama, proyeksi sis atas akan berada pada sebelah bawah tampang utama, proyeksi sisi bawah akan berada pada sebelah atas dari tampang utama benda. Sehingga proyeksi secara lengkap dapat dilihat pada gambar 3.8 berikut ini;


Gambar 3.8 Hasil Proyeksi Metode Eropa

Dari gambar 3.5 dan 3.8 akan terlihat bedanya, bahwa bila diproyeksikan dengan metode amerika maka posisi dari proyeksi akan sesuai dengan benda aslinya, sedang bila diproyeksikan dengan menggunakan metode eropa , maka akan tertukar posisinya.
Seperti halnya yang telah dibahas sebelumnya, bila ada proyeksi yang bentuk nya sama atau telah terwakili, maka boleh dihilangkan. Dengan demikian gambar 3.8 dapat di sederhanakan dengan cukup membuat 3 buah proyeksi saja, yaitu proyeksi utama , kanan dan proyeksi bawah, perhatikan gambar 3.9.


Gambar 3.9 Gambar Proyeksi Metode Eropa

Beberapa contoh lain :

Amerika


Eropa


Amerika


Eropa


Amerika


Eropa :


3.3 Beberapa aturan umum mengenai proyeksi

Dalam pembuatan proyeksi orthogonal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai sebuah aturan standar, yaitu:

  • - Tampang utama, tampang utama adalah proyeksi yang digunakan sebagai patokan proyeksi sisi yang lainnya, disebut juga segai tampang muka, letaknya di tengah.

Tampang utama harus dipilih dari tampang benda yang paling mewakili bentuk benda. Hal ini betujuan agar mempermudah bagi orang yang melihat gambar agar lebih cepat memperoleh gambaran benda secara keseluruhan. Misalnya, ketika menggambar seekor tikus seperti dibawah ini, antar gambar pertama dan kedua, bila dilihat maka gambar yang sebelah kanan (B) lebih mudah dikenali sebagai gambar tikus dibandingkan dengan gambar yang sebelah kiri (A). Dalam hal ini maka pemilihan gambar tikus yang sebelah kanan sebagai tampang utama lebih baik dibandingkan bila menjadikan gambar A sebagai tampang utama. Dari sini ingin dijelaskan bahwa pemilihan tampang utama dari benda harus dipilih tampang yang paling mudah untuk dikenali, dan lebih banyak mengandung informasi dibandingkan tampang yang lain

  • - Jumlah proyeksi, proyeksi atau tampang pada benda dibuat sesuai kebutuhan saja, artinya tidak harus semua sisi (utama, kanan, kiri, atas bawah dan belakang) diproyeksikan, akan tetapi cukup yang mempunyai informasi penting saja. Apabila ada proyeksi yag informasi (baik bentuk maupun ukurannya) telah diperoleh dari suatu tampang, maka tidak perlu dibuat proyeksinya. Misalnya proyeksi kiri sama persis dengan yang kanan, atau atas sama dengan bawah dan depan sama dengan belakang, maka cukup digambar salah satunya saja, kecuali bila ada informai lain yang perlu ditampilkan. Sehingga bias saja proyeksi itu hanya ada satu saja; yaitu tampang utama. Atau dua, tiga, empat ataupun semua sisi. Semuanya tergantung pada kebutuhan. Bila dengan satu proyeksi cukup maka tidak harus ada dua sisi, tapi meskipun sudah enam sisi tapi ternyata belum cukup informasi yang diperlukan, maka harus ditambah dengan proyeksi tambahan.
  • - Lambang proyeksi

Proyeksi dilambangkan dengan gambar proyeksi dari sebuah kerucut terpancung seperti berikut dibawah ini;


Amerika


Eropa

Lambang proyeksi diletakkan didalam kepala gambar, fungsinya sebagai informasi untuk memudahkan orang memahami gambar kerja yang dibuat. Ukurannya adalah sebagai berikut, diameter dasar kerucut 12 mm, diameter ujung kerucut terpancung 10mm, tinggi kerucut 15mm.


Berikut adalah bentuk dan ukuran kepala gambar menggunakan standar ISO






Posting Komentar

0 Komentar