Jacking Blocking Lifting - Dalam bidang otomotif, tidak pernah lepas dari istilah jacking blocking, dan lifting. Proses jacking, blocking, dan lifting digunakan untuk mempermudah pekerjaan perawatan, perbaikan terutama pekerjaan dibawah kendaraan atau membutuhkan posisi kendaraan yang lebih tinggi dari permukaan tanah atau lantai.
Proses jacking adalah suatu proses dimana kendaraan yang akan dilakukan proses perawatan atau perbaikan diangkat sebagian atau keseluruhan. Proses-proses tersebut semisal perbaikan transmisi, rem, kaki-kaki, dan perbaikan lain yang membutuhkan proses pengangkatan kendaraan. Dalam proses jacking membutuhkan berbagai peralatan dongkrak.
Proses blocking adalah suatu proses dimana ketika kendaraan yang akan dilakukan perawatan di naikkan atau didongkrak dilakukan proses pengganjalan atau blocking agar kendaraan tidak tergelincir. Dalam melakukan proses blocking membutuhkan peralatan seperti balok kayu, stand atau penahan lainnya.
Proses lifting adalah proses mengangkat kendaraan secara keseluruhan agar pekerjaan dapat dilakukan secara leluasa untuk proses perbaikan dibawah kendaraan. Proses lifting membutuhkan berbagai jenis peralatan car lift.
Ketiga hal diatas sangat erat dalam dunia otomotif. Oleh karena itu seorang mekanik harus bisa membedakan ketiga proses tersebut. Selain itu prosedur dari setiap proses juga harus diperhatikan agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai setiap proses jacking, blocking, dan lifting.
Jacking
Proses jacking sebenarnya hal dasar yang sering dilakukan dalam proses perbaikan dan perawatan kendaraan. Pembahasan mengenai jacking adalah sebagai berikut.
Dongkrak mekanis merupakan dongkrak yang menggunakan rasio roda gigi untuk menaikkan tenaga yang dihasilkan oleh dongkrak. Semisal tenaga manusia 5 kg maka dengan rasio roda gigi, tenaga manusia tersebut dapat dinaikkan sampai 2 ton.
A. Pengertian Jacking
Pengertian jacking secara spesifik adalah tindakan untuk menaikkan kendaraan lebih tinggi dari lantai untuk mempermudah pekerjaan dibawah kendaraan. Proses ini lebih dikenal dengan proses mendongkrak. Dongkrak secara umum dapat dibagi menjadi dua yaitu dongkrak mekanik dan dongkrak hidrolik.Dongkrak mekanis merupakan dongkrak yang menggunakan rasio roda gigi untuk menaikkan tenaga yang dihasilkan oleh dongkrak. Semisal tenaga manusia 5 kg maka dengan rasio roda gigi, tenaga manusia tersebut dapat dinaikkan sampai 2 ton.
Dongkrak hidrolis merupakan dongkrak yang menggunakan tenaga hiidrolik sebagai penggeraknya. Tenaga manusia digunakan untuk memompa oli atau hidrolik yang akan meningkatkan tenaga yang dihasilkan sesuai dengan prinsip hidrolik. Dengan penampang kecil dapat mengangkat penampang yang lebih besar. Dengan gaya 10 kg akan mampu mengangkat benda seberat 100 kg.
Didunia otomotif, sebenarnya kedua dongkrak ini sering dijumpai. Namun dalam penggunaannya, dongkrak hidrolis lebih sering digunakan karena tenaga yang dikeluarkan untuk menghasilkan tenaga besar lebih kecil. Artinya daya kerja dongkrak hidrolis lebih baik daripada dongkrak mekanis.
0 Komentar